Bisnis terjemahan di Indonesia sepertinya semakin
berkembang. Hal ini tampak jelas dari semakin menjamurnya penyedia jasa
terjemahan, khususnya jasa terjemahan online. Apalagi dengan didukung teknologi internet yang
semakin canggih, maka akan semakin memudahkan para penyedia jasa terjemahan
menawarkan jasanya sekaligus memperoleh pelanggan.
Dalam hal menawarkan jasanya tersebut, mereka sebagian
besar ada yang sudah menggunakan website. Di website tersebut penyedia jasa
nantinya akan menjelaskan lebih detil mengenai produk jasa yang ditawarkan. Hal
ini biasanya meliputi bentuk jasa yang ditawarkan apakah berbentuk terjemahan
dokumen atau buku, tarif terjemahan per lembar, cara pemesanan, cara pembayaran
dan informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi oleh konsumen.
Mengenai tarif terjemahan sendiri, masing-masing
penyedia jasa memiliki aturan sendiri, sehingga kemudian tarifnya bervariasi
dari yang murah sampai yang mahal. Bahkan ada penyedia jasa yang membedakan
tarif berdasarkan waktu pengerjaan. Jadi semakin cepat order diselesaikan, maka
akan semakin mahal tarifnya. Lalu apakah dengan tarif yang lebih mahal tersebut
konsumen akan tertarik?
Dalam hal ini, konsumen nantinya akan menentukan
sendiri jasa terjemahan mana yang akan digunakan. Biasanya akan timbul beberapa
pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk memakai jasa penerjemah. Salah
satu yang paling sering menjadi bahan pertimbangan adalah mengenai hasil
terjemahan. Jika hasil terjemahan bagus, maka konsumen akan lebih cenderung
memakai jasa penerjemah online tersebut. Pertimbangan-pertimbangan inilah yang
nantinya akan semakin menentukan reputasi sang penyedia jasa.
Meski demikian, jika dilihat dari semakin menjamurnya
penyedia jasa terjemahan murah di Indonesia, maka tampak sekali bahwa kebutuhan akan
terjemahan semakin meningkat, sehingga masing-masing penyedia jasa akan
memiliki konsumen atau pelanggannya sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar