Sabtu

Pilih Penerjemahan Google Atau Jasa Penerjemah?



Dengan semakin menjamurnya jasa penerjemah di internet, maka penerjemahan teks bahasa inggris ke bahasa Indonesia atau dari bahasa asing lain ke bahasa Indonesia sudah bukan menjadi masalah lagi. Apalagi mengingat biaya terjemahan bahasa tersebut bisa dibilang masih sangat terjangkau. Terdapat banyak variasi biaya atau tarif terjemahan yang ditawarkan. Meski demikian, tidak semua orang tertarik menggunakan jasa penerjemah online.   



Alasan utama mengapa sebagian orang masih enggan memakai jasa penerjemah adalah karena tersedianya layanan penerjemahan Google yang bisa diakses secara gratis. Hanya berbekal koneksi internet, layanan penerjemahan Google tersebut sudah dapat dipakai dengan tanpa batas. Hal ini memang nantinya akan sangat memudahkan pengguna, mengingat banyaknya pilihan bahasa yang diterjemahkan. Meski demikian, pengguna hendaknya juga mempertimbangkan mengenai hasil terjemahan Google tersebut.



Berbicara mengenai hasil terjemahan Google memang tidak selalu buruk. Namun bagi pengguna yang menginginkan hasil penerjemahan yang lebih akurat, ada baiknya jika pengguna memilih menyewa jasa penerjemah. Apalagi jika teks atau dokumen yang akan diterjemahkan sifatnya penting, maka hasil terjemahan Google yang kadangkala kurang tepat tentunya akan sangat mempengaruhi kualitas terjemahan. Sebagai bahan perbandingan berikut ini kami tampilkan hasil penerjemahan Google dengan hasil terjemahan penerjemah kami.



Teks Sumber



Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim telah menerapkan sebuah program terbaru tepatnya pada tanggal 21 Februari 2011 yaitu Regional Traffic Management Centre (RTMC) yang berfungsi sebagai pusat sistem komunikasi, koordinasi, komando dan kontrol, serta informasi yang didukung dengan teknologi informasi. Penerapan RTMC sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data pengelolaan informasi pengaduan yang diterima oleh RTMC melalui media social networking, menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan RTMC sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu menggunakan analisis data model interaktif Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini bahwa data pengelolaan informasi pengaduan yang diterima oleh RTMC menunjukkan sangat apresiatif dari masyarakat. Kualitas pelayanan RTMC dapat diterapkan melalui lima aspek meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Faktor pendukung dan penghambat baik secara internal maupun eksternal sangat berpengaruh terhadap penerapan RTMC. Dengan adanya program RTMC, sangat membantu masyarakat dalam memperoleh layanan informasi khususnya di bidang lalu lintas. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini, bahwa Penerapan Regional Traffic Management Centre (RTMC) sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik sudah baik, efektif, dan apresiatif dari masyarakat. Diharapkan penerapan RTMC lebih ditingkatkan lagi serta mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dapat mengganggu kamseltibcar lalu lintas.

Kata Kunci : Regional Traffic Management Centre (RTMC), Kualitas Pelayanan Publik


Hasil Terjemahan Manual



The Traffic Directorate of Polda Jatim (Ditlantas Polda Jatim) has implemented a new program on February 21st, 2011. The program is called Regional Traffic Management Centre (RTMC) which functions as a centre of communication, coordination, command and control and also information system supported by information technology. The implementation of RTMC as an effort to upgrade public service quality aims at understanding and analyzing the management of data in the form of complaint gathered through social networking, analyzing the obstacles and supporting factors in the implementation of RTMC as an effort to upgrade public service quality. The method used in the research is qualitative method with descriptive approach that is using Miles and Huberman interactive data analysis. The result shows people’s enthusiasm in the service. The service quality of RTMC can be implemented through 5 aspects which include physical evidence, reliability, reactivity, guarantee and empathy. The obstacles and supporting factors, both internally and externally, do affect the implementation of RTMC. It helps people to get information services easily, especially about traffic system. It can be concluded that the implementation of RTMC as an effort to upgrade public service quality is effective and gaining more appreciation from the society. It is hoped that the implementation will be getting better and can solve problems related to traffic system.

Keywords: Regional Traffic Management Centre (RTMC), public service quality


Hasil Terjemahan Google

Dari kedua hasil terjemahan tersebut, akan tampak sekali perbedaannya. Dan tentunya Anda dapat menilai sendiri hasil terjemahan mana yang lebih akurat. Namun untuk penentuan pilihan apakah nantinya Anda akan memilih menggunakan jasa penerjemah atau menggunakan fasilitas yang disediakan secara gratis oleh Google tersebut, semuanya akan sangat bergantung pada Anda. Selain itu, tersedianya budget dan sifat teks atau dokumen yang akan diterjemahkan juga nantinya sangat mempengaruhi keputusan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Translation Indo Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger